Bola

Bivak 02 - 12
     Nama sebuah benda yang berbentuk bulat sempurna, bisa terbuat dari besi, kulit, karet dan apa saja bahannya yang penting bisa berbentuk bulat.
     Bola sangat diperlukan di mana-mana tanpa pandang tempat, waktu dan ruang. Bisa menjadi bahan hiburan, obyek penelitian  bahkan pembawa bencana. Dan menurut salah satu teori astronomi, galaksi kita inipun tercipta karena terjadinya benturan antara dua bola yang amat besar.
     Karena bola kita dapat berteman, dan karena bola pun kita dapat menjadi musuh. Dan sekarang bola telah digelindingkan, aturan main pun telah disepakati. Pemain dan wasit telah berbaur menjadi satu. Latihan yang berkepanjangan selalu dahaga untuk suatu pembuktian. Konsep dan strategi telah dirancang dengan prima, apalagi  yang akan ditunggu.
     Kalah dan menang bukanlah suatu persoalan, yang terpenting adalah keberanian untuk berbuat, keberanian untuk bertanding, keberanian untuk menyatakan apa yang selama ini terbenam jauh di lubuk hati yang terdalam, keberanian untuk menyatakan bahwa yang selama ini terjadi adalah semu.
     Kita bukan berasal dari suatu generasi yang kalah, salah dan putus asa, sebab kita adalah hasil rekayasa suatu generasi yang bobrok, bingung dan ambisius.
     Kita telah berangkat dengan niat yang suci hanya untuk mengatakan, kami berhak untuk mencintai kebenaran dan kebebasan.
     Bola telah digelindingkan, pemain dan wasit telah bersatu. Tapi ada sesuatu yang tertinggal, wasit belum membunyikan pluitnya tanda pertandingan akan dimulai ataukah telah usai.
     Selamat berjuang teman.!!
ditulis oleh salah seorang climber Korpala
pertama kali diterbitkan dalam bentuk hardcopy
di buletin lembanna edisi pertama desember 1990

1 Response to "Bola"